Sunday 8 October 2017

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu - Hallo sobat bagi sebagian besar dari kita pasti akan merasa malu ketika menampakkan bekas luka yang bersarang di bagian kulit kita. Ya, bekas luka adalah jaringan sel kulit yang berperan menggantikan kulit normal ketika lapisan kulit mengalami kerusakan. Bekas lukat bisa timbul karena berbagai faktor utama seperti karena luka, luka bakar ringan, bekas goresan, jerawat, infeksi jamur, gigitan atau setelah operasi.

Secara umum, bekas luka memiliki fungsi yang sama seperti jaringan kulit yang normal. Tapi yang menyebabkan nya berbeda hanya karena serat dalam jaringan kulit bekas luka memliliki susunannya berbeda, ini yang membuat bekas luka terlihat tidak sama seperti kulit sehat pada umumnya.
Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu
Pengobatan secara alami yang akan saya bahas di artikel cara menghilangkan bekas luka secara alami dalam waktu 1 minggu ini hasilnya akan berbeda pada setiap orang, tergantung pada parah atau tidaknya bekas luka yang kita miliki. Tapi untungnya bekas luka akan memudar secara alami selama periode dan membutuhkan waktu tertentu.

Jenis-jenis bekas luka

1. Bekas luka keloid

Tampilan bekas luka keloid bisa bervariasi dari mulai berwarna pink/merah muda dengan warna kulit atau merah hingga berwarna coklat gelap. Bekas luka keloid ini adalah hasil dari proses penyembuhan dari cedera, biasanya memperluas luar cedera asli karena kekuatan mekanisme yang dimiliki si luka dan infeksi pada luka.

Bekas luka keloid dapat terjadi akibat dari deposito kolagen yang berlebihan, tap ini belum sepenuhnya menjadi acuan penyebab dari keloid, penelitian tambahan masih perlu diperlukan untuk memahami proses ini. Seiring waktu, bekas luka keloid dapat membatasi gerakan di sekitar nya.

Bekas luka keloid tidak berbahaya dan tidak menular, bekas luka keloid yang kadang disertai dengan rasa gatal yang amat terasa parah, rasa sakit dan perubahan tekstur kilit. Jenis bekas luka keloid lebih sering di alami oleh kelompok etnis yang sangat berpigmen daripada yang Kaukasia.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab luka keloid ini, seperti luka bakar pada kulit, bekas jerawat, bekas cacar, tindik ditelinga, akibat goresan, bekas luka bedah atau bagian vaksinasi.

Penanganan yang dapat dilakukan bervariasi, tergantung pada jenis keloid yang kecil dan sendiri atau besar dan banyak. Apapun janis nya, biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan bekas luka keloid ini.

Disarankan jangan mengoperasi bekas luka keloid ini ketika pertama mengalaminya, lebih baik mencoba perawatan yang alami untuk penanganan awal. Terutama jika Anda mengalami kerentanana dengan jaringan parut karena genetika.

Beberapa pendrita keloid memilih suntikan steroid, cryotherapy (terapi pembekuan) dan tanam silikon untuk meratakan bekas luka mereka. ini dapat untuk mencegah pembentukan keloid sejak dini dengan cara menggunakan tekanan pengobatan atau gel bantalan dengan silikon di bawah kulit.

2. Bekas luka Hypertrofik

Bekas luka hipertrofik sangat mirip dengan keloid, tetapi tidak melampaui batas daerah luka. Bekas luka hipertrofik lebih jarang berukuran hingga 4 milimeter di atas kulit - tidak seperti keloid, yang sering lebih lebar dan tinggi. Bekas luka Hypertrofik ini biasanya berwarna merah atau merah muda, keras, dan gatal.

Bekas luka hipertrofik berisi kolagen tipe III yang sejajar dengan permukaan epidermal dengan nodul yang berlimpah dan filamen kolagen ekstraselular yang besar.

Bekas luka hipertrofik lebih mudah dalam proses penyembuhannya ketimbang bekas luka keloid. Perawatan dapat dilakukan dengan suntikan steroid untuk mengurangi peradangan, tanam silikon yang meratakan bekas luka, ekstrak bawang gel beserta terapi lain yang diarahkan untuk sintesis kolagen.

3. Bekas luka Kontraktur

Bekas luka contracture terjadi akibat luka bakar pada kulit. Biasanya, bekas luka ini bersifat mengencangkan kulit yang dapat menggangu pergerakan area sekitar.

Jenis bekas luka kontraktur yang parah bisa masuk lebih dalam ke dalam kulit, yang akan merdampak pada fungsi otot dan saraf. Ada beberapa faktor dan prosedur yang dapat meminimalkan bekas luka jaringan parut ini, tapi sangat jarang kasus bekas luka kontraktur yang lebar dapat disembuhkan.

4. Bekas luka jerawat

Jerawat yang parah dapat meninggalkan bekas luka yang berupa lubang seperti gelombang. bekas jerawat bisa timbul karena ketika jerawat muncul akan menembus kulit dalam, yang akan merusak kulit dan jaringan yang berada di bawahnya.

Bekas luka jerawat akan lebih buruk saat kulit mengalami peradangan, bengkak, noda kemerahan seperti kista jerawat dan nodul. Hal ini dapat semakin parah jika jerawat yang timbul tidak segera diobati, yang pada akhirnya akan menyebabkan jaringan parut.

Jika tubuh menghasilkan terlalu sedikit atau terlalu banyak kolagen, hal ini akan memper besar kemungkinan terciptanya bekas luka. Jenis jaringan parut yang terjadi tergantung pada seberapa banyak kolagen yang mampu diproduksi didalam tubuh Anda.

Mencegah Bekas Luka Semakin Parah :

Sebelum kita beranjak ketopik utama tentang "Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu" sebaiknya kita simak dulu cara mencegah bekas luka menyebar semakin parah dibawah ini :
  • Minum banyak air dan jus segar untuk tetap terhidrasi.
  • Cuci wajah Anda dengan air bersih beberapa kali sehari.
  • Menggunakan kosmetik yang bebas minyak.
  • Gunakan tisu bukannya handuk dan serbet.
  • Menjaga tubuh tetap bugar dan aktif.
  • Meningkatkan asupan jeruk, apel, sayuran hijau, sayuran segar, produk susu, suplemen zat besi, vitamin A, brokoli, wortel, ikan, labu, hati dan sereal.
  • Gunakan tabir surya lotion setiap kali Anda pergi keluar di bawah sinar matahari.
  • Tidak pernah menyentuh bekas luka dengan tangan Anda.
  • Hindari mengambil stres dengan melakukan yoga atau meditasi.
  • Hindari asupan gula dan tinggi kalori makanan dalam diet harian Anda.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Banyak bahan pangan di sekitar kita yang memiliki kemampuan menyembuhkan bekas luka dengan cepat yang memiliki kemampuan menyamai oba-obatan kimiawi, memlilih cara alami lebih menguntungkan karena lebih minim resiko saat peroses pengaplikasian. Dibawah ini adalah daftar bahan alami dan cara pengaplikasian ke bagian bekas luka yang sudah terbukti untuk memudarkan bekas luka secara alami dan cepat :
1. Oatmea15. Putih telur27. Kentang
2. Lumpur / tanah liat16. Jus mentimun28. Cuka sari apel
3. Jus lemon / jeruk nipis17. Mint29. Biji Rosehip
4. Air mawar18. Es batu30. Minyak lavender
5. Bubuk cendana19. Madu31. Biji Fenugreek
6. Minyak zaitun20. Kulit Jeruk32. Teh Chamomile
7. Garam21. Minyak Vitamin E 33. Lilac india
8. Tomat22. Minyak pohon teh34. Daun neem
9. Minyak kelapa23. Aloevera / Lidah buaya35. Bawang putih
10. Pasta gigi24. Aspirin36. Daun pegagan
12. Pepaya25. Cocoa butter37. Salicylic Acid
13. Tepung26. Minyak hati ikan kod
14. Almond

1. Dengan Puih Telur dan Lemon

Putih telur dan perasan lemon / jeruk nipis bisa digunakan untuk memudarkar bekas luka bakar yang sudah lama dan menghitam, tersiram air atau minyak goreng panas di kulit bibir, hidung, wajah, tangan, kaki.
Cara Pengunaan: Siapkan satu buah mangkuk bersis, campuran jus lemon atau perasan jeruk nipis beserta putih telur dengan perbandingan 50:50. Aduk hingga benar-benar rata. Kemudia oleskan pada bekas luka sebelum tidur. Ke esokan harinya bilas bilas dengan air bersih. Ulangi hingga bekas luka terlihat telah memudar.

2. Dengan Lumpur / Tanah liat

Lumpur / Tanah liat juga memiliki kemampuan untuk memudarkar bekas luka jerawat terbaik, Karena lumpur memiliki kandungan zat aktif yang dapat menyerap minyak berlebih didalam kulit. 
Cara Penggunaan: Siapkan satu paket lumpur dengan campuran air mawar dan bubuk cendana dengan proporsi yang sama. Laburkan lumpur ke wajah Anda dan bersihkan lumpur yang menempel setelah mengering. Pelaksanaan prosedur ini dapat anda lakukan seminggu sekali.

3. Jus Lemon

Gunakan jus lemon untuk memudarkan bekas jerawat setiap hari. Jus lemon dapat membantu mengankat dan membersihkan kotoran di pori-pori kulit dan membantu mempercepat proses regenerasi.
Cara Penggunaan: Ambil sepotong lemon dan gosokkan pada daerah wajah yang terdapat bekas jerawat. Biarkan selama 2-4 jam dan kemudian bersihkan wajah Anda dengan air hangat.
Pilihan lain yang dapat Anda aplikasikan adalah dengan mencampur air mawar dan jus lemon dengan perbandingan 50:50 dan basuhkan campuran air mawar dan lemon ini ke wajah . 
Atau yang lain, campurkan jus lemon, minyak almond dan madu masing-masing satu sendok makan dan tambahkan 2 sendok makan susu murni. Aduk hingga benar-benar rata dan aplikasikan.

4. Dengan Oatmeal

Oatmeal juga memlikiki kandungan zat yang dapat mempercepat peroses regenerasi kulit yang dapat memudarkar bekas luka bakar yang sudah lama dan menghitam, tersiram air atau minyak goreng panas di kulit bibir, hidung, wajah, tangan, kaki.
Cara Penggunaan: Ambil secangkir oatmeal dan tambahkan perasan air lemon dari setengah potong lemon dan tak ketinggalan juga masukkan satu sendok teh madu. Campurkan semua bahan tadi hingga tercampur rata. Kemudian pijat kulit Anda dengan campuran ini dan biarkan mengering selama 1-2 jam. Kemudian cuci dengan air hangat. Ulangi proses yang sama sekali atau dua kali seminggu.

5. Dengan Odol / Pasta gigi

Jika Anda ingin menghilangkan bekas jerawat cuma semalam, Odol menjadi pilihan yang tepat. Gunakan pasta gigi biasa bukan yg whitening pada kulit yang terkena sebelum tidur dan bilas ke esokan harinya dengan air bersih. Odol juga dapat Anda gunakan untuk mengempeskan jerawat hanya semalam.

6. Dengan Baking Soda

Baking soda dapat Anda gunakan untuk memudarkan bekas luka knalpot, gatal, jahitan, gigitan nyamuk, jerawat, dll.
Cara Penggunaan: Siapkan pasta halus dengan mencampur 2 sendok teh baking soda ke dalam air bersih. Kemudian oleskan pasta ke daerah yang terinfeksi dan cuci setelah 5 sampai 10 menit.
Atau, Anda juga bisa menerapkan campuran 5 (Lima) sendok makan madu, 1(Satu) sendok teh bubuk kayu manis, 2(Dua) sendok makan baking soda, dan setengah perasan lemon. Kemuian oleskan ke wajah Anda dan bilas setelah 5 menit.
Pastikan Anda mengaplikasikan racikan ini sekali atau dua kali seminggu.

7. Dengan Mentimun

Tambahkan beberapa yogurt untuk ke dalam jus Mentimun dan aduk hingga membentuk pasta halus. Kemudian oleskan pada bekas luka dan biarkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Jika sudah bilas dengan air bersih.

Cara lain adalah dengan menggunakan jus mentimun dan yogurt pada bekas luka Anda menggunakan bola kapas. Biarkan bola kapas tadi menempel selama 15 - 20 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

8. Dengan Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E efektif untuk menghilangkan noda flek hitam, luka hipertrofik, bekas luka tahi lalat, alergi, herpes zoster, bekas tomcat, scabies, borok, kudis, dll diseluruh bagian kulit.

Segudang kandungan anti-oksidan yang terkandung dalam minyak vitamin E sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka jerawat. Sebelum menggunakan minyak vitamin E ini sebaiknya wajah Anda basuh dengan uap air, ini berguna untuk membuka pori-pori kulit.
Cara Penggunaan: Pijat lembut kulit yang terkena dengan minyak vitamin E selama kurang lebih 10 menit. setelah selesai dibijat diamkan 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Dengan Tomat

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah tomat sangat efektif untuk menghilangkan noda, flek hitam, herpes zoster, tomcat, scabies, hipertrofik, bekas luka, tahi lalat, alergi, borok, kudis, dll di paha, lengan, dan bagian tubuh lain.

Cara Penggunaan: Hanya dengan mengoleskan tomat yang telah di blender ke bagian yang luka untuk mendapatkan kulit yang mulus dan bercahaya.
Cara lain: Mencampurkan tomat dan mentimun. Blender hingga halus. Kemudian oleskan pada bekas luka Anda dan biarkan selama satu jam. Setelah selesai cuci dengan air bersih. Ulangi proses ini beberapa hari sekali sampai hasil yang memuaskan.
Atau cara lain, dengan membuat masker tomat dengan campuran 2 tomat dan 1 mentimun dan 2 alpukat. Haluskan dengan blender. Kemudian oleskan masker ini pada wajah Anda dan bersihkan dengan air bersih setelah 15 hingga 20 menit.

10. Dengan Aloe Vera / Lidah Buaya

Sifat anti-inflamasi dan menenangkan pada lidah buaya membuat membuat lidah buaya sangat efektif untuk menghilangkan berbagai jenis luka seperti luka bakar, terkena tomcat, luka terjatuh dll. takhanya luka lidah buaya juga mempercepat proses regenerasi bekas luka seperti kulit menghitam, terkena kenalpot, bekas luka putih, borok, kudis, harpes, sayatan operasi dll.
Cara Penggunaan: Ambil satu potong lidah buaya kemudian oleskan ke bagian kulit yang terkena luka atau bekas luka. Oleskan secara teratur setiap hari.
Itulah sedikit ulasan mengenai Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu yang berhasil saya rangkum dari pengalaman peribadi dan berbagai sumber artikel. Terima kasih dan semoga membantu.

No comments:

Post a Comment