Sunday 8 October 2017

Cara Instal Android Studio di Linux Melalui PPA Dengan Mudah

Cara Instal Android Studio di Linux, Android Studio tersedia dalam cara instalasi menggunakan PPA untuk Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus, Ubuntu 15.10 Wily Werewolf, Ubuntu 15.04 vivid Vervet, Ubuntu 14.10 utopic Unicorn, Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr dan Linux Mint 17,1 Rebecca.

Android Studio adalah aplikasi pengembangan lingkungan terpadu atau Integrated Development Environment (IDE) resmi dari Google untuk pengembangan software di platform Android. Hal itu disampaikan pada tanggal 16 Mei 2013 di konferensi Google I/O. Android Studio tersedia secara bebas/Open source di bawah Lisensi Apache 2.0.

Android Studio Yang pertama dirilis pada bulan Desember 2014, mulai dari versi 1.0. yang stabil. Aplikasi ini gratis dan aplikasi grafis cross-platform yang berjalan di JAVA dan memiliki tools yang berguna dan stabil untuk membangun Apps Android di berbagai platform.

Cara Instal Android Studio di Linux 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu dapat menginstal Android Studio di Ubuntu dan turunan sistem ubuntu lainnya melalui PPA. Berikut adalah langkah-langkah nya:

Langkah Pertama - Buka jendela terminal, kemudian tambahkan PPA ini ke sistem, lalu enter:

sudo add-apt-repository -y ppa:webupd8team/java

Langkah ke-2 - Jalankan perintah berikut untuk memperbarui indeks repositori lokal:

sudo apt-get update

Langkah ke-3 - Sekarang instal Oracle Java 7 di dalam sistem Ubuntu dengan memasukkan perintah dibawah ini:

sudo apt-get install oracle-java7-installer oracle-java7-set-default

Langkah ke-4 - Untuk memperbarui paket yang tidak didukung, tambahkan PPA berikut:

sudo add-apt-repository ppa:paolorotolo/android-studio

Langkah ke-5 - Sekali lagi, jalankan perintah di bawah ini untuk menyinkronkan ulang indeks lokal yang sudah ada di dalam linux mu:

sudo apt-get update

Langkah ke-6 - Sekarang instal Android Studio dengan mengetik perintah ini di window atau tab terminal kamu:

sudo apt-get install android-studio

Instalasi Akan berjalan, Tinggal kan sejenak dan ambil secangkir kopi untuk menenangkan pikiran sobat.
Proses Instalasi Android Studio di Linux

Setelah terinstal, sekarang buka Android Studio. kamu perlu menginstal add on di Android Studio dan jika kamu ingin update ke versi yang paling up to date tinggal memperbarui softwarenya dari aplikasi.

Kita perlu Instal Add on tambahan


Akhirnya Android Studio siap untuk kamu gunakan dan sudah dapat berjalan dengan mulus di Ubuntu. Berikut screenshot nya:

Instalasi Sudah Selesai Instal Android Studio di Linux

Itu lah sedikit ulasan tentang "Cara Instal Android Studio di Linux" tutorial ini juga kompetible di linux ubuntu dan linux mint jadi bagi anda yang ingin membuat aplikasi android bisa leluasa memakainya tanpa harus susah payah bolak-balik ke OS jendela tentangga. Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment