Sunday 8 October 2017

Mengatasi Ubuntu Tidak Bisa Shutdown Setelah Instal Plank

Ubuntu Tidak Bisa Shutdown Setelah Instal Plank. Bug Plank Dock ini Selalu Log Out saat akan melakukan shutdown di Ubuntu. Memiliki atau tidak memiliki dock di Linux tergantung pada preferensi individu seseorang. Beberapa pengguna Linux lebih memilih untuk mempercantik dan mempercepat mengakses shorcut di desktop mereka dengan menginstal dock. Ada banyak docks yang tersedia untuk kamu seperti Plank dan Docky.

Bila kamu memilih Plank Dock, kamu mungkin menghadapi masalah shutdown. Dan ini problem yang akan kamu temui ketika kamu menginstal Plank Dock dan memasukkannya ke dalam aplikasi startup di Ubuntu. Masalah ini juga akan muncul ketika kamu telah menginstal Macbuntu: Mac OS X Yosemite Theme untuk Ubuntu 16.04 LTS.

Setiap kali saya mencoba untuk shutdown dari panel atas untuk mematikan komputer saya, pasti akan kembali ke layar login lagi (Log Out). masalah ini masih bisa saya atasi dengan menjalankan perintah shutdown langsung dari shutdown terminal atau lari ke Synapse Launcher.

Shutdown Masalah Setelah diinstal Plank

Tapi, bagi kamu yang ingin masalah ini cepat teratasi dan bisa shutdown secara normal jangan khawatir, saya akan berbagi solusi untuk sobat. Oke tidak usah panjang lebar marikita simak Cara Mengatasi Ubuntu Tidak Bisa Shutdown Setelah Instal Plank dibawah ini dan ikuti tutorial ini steb by steb untuk memperbaiki ini :

Langkah 1 - Pertama, buka aplikasi startApp. Buka dari dasboard Ubuntu.

Langkah 2 - Jika kamu telah menambahkan Plank Dock ke item startup, kamu hanya perlu mengedit kolom command dengan sh -c "sleep 10 && plank".

Lihat gambar di bawah untuk lebih detailnya.

Ubuntu Tidak Bisa Shutdown Setelah Instal Plank

Langkah 3 - Apa selanjutnya? Reboot komputer kamu

Dan, Taraa, masalah tersebut telah hilang! Menu shutdown sekarang sudah kembali bekerja dengan normal.

Jika kamu memiliki masalah dengan Linux, beberapa postingan di blog ini bisa membantu kamu untuk memecahkan masalah yang kamu alami di Desktop Linux kesayangan mu.

Update Metode Baru


Jika tutorial atau metode yang pertama tidak bekerja, cobalah metode kedua ini. Buka window terminal Ctrl+alt-T dan jalankan command line berikut ini :

gedit ~/.config/autostart/plank.desktop

Kamu dapat mengubah gedit dengan editor teks Linux pilihanmu. Setelah dibuka, ubah semua konfigurasi dengan kode ini:

[Desktop Entry]
Type=Application
Exec=/usr/bin/plank
Hidden=false
NoDisplay=false
X-GNOME-Autostart-enabled=true
X-GNOME-Autostart-Delay=20
Name[en_US]=Plank
Name=Plank
Comment[en_US]=Launch Plank Dock at startup
Comment=Launch Plank Dock at startup

Dan harus menjadi seperti gambar di bawah ini :

Ubuntu Tidak Bisa Shutdown Setelah Instal Plank

Kemudian save dan reboot.

Itu saja tutorial kali ini tentang "Mengatasi Ubuntu Tidak Bisa Shutdown Setelah Instal Plank" Jika ada kesulitan atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawan. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment