Sunday 8 October 2017

14 Cara Mudah Mempercepat Loading Windows 7

Mempercepat loading windows 7 Mudah dan gratis langkah-langkah untuk membuat windows 7 lebih ringan dan lebih cepat. Saya menggabungkan metode ini dari pengalaman dan percobaan yang hasilnya dapat bekerja jauh lebih baik dalam meningkatkan windows  kinerja 7. Langkah-langkah berikut dapat dilakukan oleh setiap pengguna Windows 7 dan tidak diperlukan pihak ketiga atau perangkat lunak berbayar dan pengetahuan teknis tambahan.

Jaringan internet merupakan faktor utama penentu kecepatan OS. Kelambatan dalam jaringan secara tidak langsung mempengaruhi kecepatan Windows 7. Ada untuk saya telah menambahkan beberapa tweak untuk memperbaiki kinerja jaringan windows 7 juga.

Mempercepat Loading Windows 7

Lanjut setep-step tentang 14 cara mempercepat loading windows 7.


1. Membuat Windows 7 Start up lebih cepat dengan menghapus program dan layanan yang tidak diinginkan dari startup.

Untuk melakukan hal ini ketik 'msconfig' di Run atau di kotak pencarian, pergi ke tab Startup dan hapus centang program dan layanan yang tidak diperlukan selama start up. Program dan layanan yang tercantum di sini mulai dengan Windows 7 setiap waktu sehingga dengan membuang mereka kita dapat mengurangi waktu booting Windows 7 . Jangan menghapus program startup yang diperlukan.

2. Menonaktifkan Aero Experience.

Jika Anda bukan seorang penikmat penampilan tetapi pecinta kinerja menonaktifkan Aero Experience di windows 7 menjadi pilihan. Metode ini dapat mempengaruhi kinerja Windows 7. Anda bisa melegakan memori dan beban kerja fisik VGA card menjadi berkurang dengan menonaktifkan aero.

Klik kanan pada Desktop, pergi ke Personalisasi kemudian pilih salah satu dari 'Basic dan High Contrast Themes'.

3. Meningkatkan Virtual Memory (Paging File).

Windows 7 mengkonsumsi memori lebih banyak dari Windows XP tetapi lebih rendah daripada Windows Vista. Jika Anda adalah pengguna komputer terasa berat saat membuka lebih banyak program dan jendela, maka Anda dapat meningkatkan Virtual Memory Windows 7. Virtual memory bekerja dengan memori fisik (RAM). ruang hard disk akan digunakan sebagai virtual memori untuk menyimpan informasi sementara yang sangat jarang digunakan oleh program dan OS. Dengan meningkatkan memori virtual pada Windows 7 program dan OS komputer bisa bekerja dengan lancar.

Klik kanan pada My Computer, pilih Properties. Buka tab Advanced dan klik pada tombol pengaturan di bawah 'Performance'.

Di sini Anda dapat melihat ukuran memori virtual saat ini. Virtual memory yang disebut juga 'paging file'.

Pada layar berikutnya di bawah kustom masukan ukuran yang Anda ingin mengalokasikan untuk memori virtual (paging file). Hal ini tergantung pada ukuran hard disk dan memori fisik. Pastikan itu tidak kurang dari ukuran sistem yang direkomendasikan. Biasanya dianjurkan paging file adalah 1,5 RAM fisik. Dalam contoh ini ukuran yang direkomendasikan dari memori virtual adalah 4605MB karena saya menggunakan windows 7 RAM 3GB. Jadi, masukkan 4605MB dalam ukuran awal dan bidang Ukuran Maksimum.

Tekan tombol Set, akan muncul notifasi me-restart komputer. klik restart untuk mengkonfirmasi perubahan konfigurasi.

4. Disable Visual Effect.

Sekali lagi jika Anda bukan pecinta tampilan Windows 7 bisa menonaktifkan efek visual. Ini akan mengurangi beban pada RAM dan VGA.

Di tab pengaturan yang sama di bawah performance (disebutkan dalam langkah 3), pergi ke Visual effects and set for Adjust best performance. Ini akan membawa semua efek visual untuk tingkat yang sangat standar, tapi untuk kinerja yang lebih baik.

5. Windows 7 Disk Clean up.

Hapus file unwanted dan temporary pada Windows 7 disk. Ini mengurangi waktu akses pada sistem dan file Anda untuk membuat Windows 7 lebih cepat.

klik kanan pada salahsatu disk bisa localdisk c/d/e, pergi ke properti dan tekan tombol Disk Cleanup. Pada layar berikutnya pilih jenis file yang ingin anda bersihkan dan start clean.

6. disk Defragment.

Defragmentation membantu untuk meningkatkan waktu akses untuk setiap file di hardisk dengan mengelola ruang bebas dan mengatur lokasi file di disk. Dianjurkan untuk menjalankan tool defragmentasi sangat sering terutama ketika Anda memiliki banyak data didalam hardisk. Dalam kasus kami setelah menghapus file yang tidak diinginkan oleh disk cleanup langkah defragmentasi.

Pergi ke Properties dari setiap disk bisa localdisk c/d/e, pilih defragmentasi, klik partisi yang ingin di defrag dan klikmulai. Defragmentasi membutuhkan waktu tergantung ukuran partisi dan banyaknya data.

7. Run Error-Checking di disk.

Ini adalah metode lain untuk meningkatkan kinerja disk yang bisa berdampak pada Mempercepat Loading Windows 7. Ini akan memeriksa dan memperbaiki file sistem atau kesalahan disk fisik pada Windows 7 komputer.

Pilih Errot Checking di bawah tols dalam setiap disk dengan kedua pilihan yang dipilih. Jika partisi tertentu adalah sistem, boot atau memiliki paging file maka kesalahan pengecekan akan dimulai pada boot berikutnya.

8. Disable Side Bar (Gadgets).

Jika Anda menggunakan side bar dan gadget di windows 7 kemudian menghapusnya. Hal ini membantu untuk mendapatkan beberapa sumber daya pada RAM, Jaringan dan Prosesor
9. Disable Windows Defender.

Bila Anda menggunakan perangkat lunak perlindungan pihak ketiga seperti Norton, AVG, MacAfee ... dll, kemudian menonaktifkan windows defender. Ia melakukan hampir pekerjaan yang sama. Jadi itu tidak diperlukan untuk menjalankan dua program serupa di waktu yang sama yang merupakan beban sistem yang tidak diinginkan untuk Windows 7.

Anda dapat menonaktifkan Windows defender di control panel.

10. Disable UAC.

UAC (User Access Control) adalah jendela pop up untuk tugas-tugas administrasi dan memerlukan action.UAC di Windows 7 tidak mengganggu Anda sebagai Windows Vista, tapi masih dapat bekerja lebih cepat jika Anda menonaktifkan UAC.

11. Kompatibilitas driver dan program

Sebelum memasang drive atau program pastikan itu kompatibel dengan Windows 7. Perlu didukung untuk Windows 7. Menginstal driver dan program yang tidak kompatibel pada Windows 7 dapat menyebabkan masalah dengan kinerja sistem dan sistem.
12. Nonaktifkan Indexing (Windows Search) pada Windows 7
Indexing di Windows 7 dibuat untuk meningkatkan kecepatan pencarian Windows. Bila Anda mencari file atau folder pada jendela pencarian, jika sudah diindeks oleh layanan pengindeksan maka hasilnya akan langsung muncul dari cache diindeks.

Bila Anda menggunakan pihak ketiga pengindeksan program pencari seperti Ava Finder, Google Desktop kemudian menonaktifkan jendela layanan 7 pengindeksan. Metode ini menghindari dua program untuk mengindeks seluruh data Anda dan memperlambat kinerja disk.

Anda dapat mengetahui opsi pengindeksan di Control Panel -> Indexing Options ->  Modify.
Layanan pencarian jendela dapat juga dinonaktifkan dalam Computer Services. Pergi ke Manajemen Komputer, Jasa dan mencari 'Windows Search'. Set Nonaktifkan untuk startup jenis dan Klik Apply.

13. Ubah Power plan ke Maximum performance.

Metode ini sebagian besar cocok untuk laptop. Jika Anda tidak berjalan pada baterai sebagian besar waktu kemudian mengubah rencana kekuatan untuk kinerja maksimum. Hal ini dapat dilakukan di desktop komputer juga. Untuk melakukannya, pergi ke control panel, opsi daya dan pilih 'High Performance' dan tekan OK.

14. Hapus Program yang tidak Dinginkan

Beberapa kali kita menginstal program untuk tujuan pengujian atau untuk satu kali penggunaan saja. Anda dapat menghapus jenis ini program lama dan tidak diinginkan dari windows 7 komputer. Meskipun Anda tidak menggunakan program-program ini namun beberapa layanan dan file sistem dari program ini memuat di Windows 7 sepanjang waktu. Dengan sepenuhnya menguninstall program-program yang tidak diinginkan pada bantuan komputer Anda untuk meningkatkan kinerja sistem. Program dapat dihapus dari panel kontrol.

Itulah teknik yang bisa Gooretro berikan tentang "Cara Mempercepat Loading Windows 7" . jika ada kesulitan atau pertanyaan silahkan tulis dikomentar. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment