Sunday 8 October 2017

Langkah Awal Yang Wajib Kamu Ambil Sebelum Memulai Bisnis Online

Langkah Awal Bisnis Online. Dizaman modern seperti ini orang umum nya lebih memilih kegiatan yang serba instant, fenomena ini menjadikan banyak orang berlomba-lomba memanfaatkan trend yang ada dengan cara berbisnis online entah menawarkan jasa atau menjual produk kamu, banyak starter yang kebingungan memilih konsep bisnis online yang ia ingin kan. Tapi sekarang tidak usah khawatir karena saya sudah mengulas tentang Cara Langkah Awal Sebelum Memulai Bisnis Online dibawah ini tanpa kamu takut khawatir bisnis kamu kurang berkembang jika sudah menekuni bisnis online anda.

Langkah Awal Yang Wajib Kamu Ambil Sebelum Memulai Bisnis Online

Produk Apa Saja Yang Bisa Dijual Secara Online?

Untuk produk yang bisa dijual secara online bisa dari hal kecil seperti accesoris hinggal besar seperti jual barang-barang mewah, karena usaha online tidak membatasi ruang lingkup dagang kita untuk menjual produk selama barang yang kita perdagangkan tidak melanggar peraturan/norma, dan tidak dilarang undang-undang negara kita.

Pilih jenis produk yang kamu jual secara online.

Untuk jenis produk sebaiknya pilihlah yang menurut kamu memiliki prospek baik kedepan dan mudah berkembang di masa depan. Contoh produk yang bisa kamu jual secara online bisa berupa produk fisik maupun produk digital.

Contoh produk fisik bisa berupa kebutuhan sehari-hari seperti :
  • Fashion
  • Aksesoris
  • Ektronik
  • dll

Untuk contoh produk digital seperti :
  • Pulsa
  • Token listrik
  • Jasa online
  • Ebook
  • Software
  • dll

Langkah-langkah yg bisa kamu lakukan untuk mencari produk yang banyak dicari :

1. Cek di google.com atau google.co.id
Masukkan nama produk yang ingin kamu jual , kalau ada iklan di hasil pencarian, berarti produk tersebut bagus dan banyak dicari oleh orang.

2. Cek di google.com/trends
Masukkan nama produk , pilih 1 tahun terakhir, pilih negara indonesia, klik search. Kalau muncul grafik datanya berarti produk tersebut banyak yang nyari.

3. Cek di https://adwords.google.com/KeywordPlanner
Masukkan nama produknya, pilih Indonesia, klik search. Nanti akan muncul jumlah pencari produk tersebut di google

Hal paling penting dalam memulai bisnis berjualan produk secara online adalah kamu harus memastikan stok barang yang dijual masih tersedia. Bisa itu produk buatan kita sendiri seperti kerajinan tangan, makanan, dll. Atau kita membeli produk di tempat lain dan kita menjualnya kembali dengan harga yang berbeda dengan catatan kita harus berlangganan agar di beri harga pasarnya.

Kepuasan pelanggan adalah modal utama mendongkrak usaha online kita. Setiap orang yang puas pasti akan merekomendasikan usaha online kita ke teman temannya dan ini akan menjadikan keuntungan lebih bagi usaha kita.

KEMASAN

Kita hrus mengemas menjadi satu barang yang layak dijual. Trus, FOTO produknya. Akan lebih bagus ada logo official usaha milik kita. Logo akan menjadi ciri khas suatu produk usaha online.
Kalau sudah beres dan dikemas rapi, saatnya melakukan penjualan.

Untuk menjual produk di internet, kita punya banyak pilihan, diantaranya bisa dengan :
  • Membuat Website Online shop sendiri
  • Menjual di Marketplace (Tokopedia, Bukalapak dan lainnya)
  • Jual di sosial media misalnya facebook, bisa juga via BBM, Whatsapp dan lainnya.

Akan lebih bagus lagi kalau kita memiliki dari ketiga nya, karena hal ini akan lebih mengenalkan usaha online kita ke konsumen.

Itulah sedikit ulasan tentang "Langkah Awal Yang Wajib Kamu Ambil Sebelum Memulai Bisnis Online". Terima kasih dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment