Sunday 8 October 2017

Apa Itu Rekber dan Bagaimana Caranya?

Apa Itu Rekber dan Bagaimana Caranya?. Buat kalian yang senang nongkrong di Sosial Media pasti sudah sering mendengar kata Rekber, Pulber, Barter, ataupun COD. Tapi taukah kamu apa itu arti kata-kata tersebut dan pengaplikasian nya di kehidupan kita?

Bagi sebagian dari kalian yang ditanya akan pengertian dari kata Rekber, Pulber, Barter, ataupun COD mungkin akan menjawab tidak tahu atau hanya akan menggeleng-gelengkan kepala saat ditanya, tapi tidak usah dikhawatirkan akan hal tersebut, karena disini saya sudah merangkum definisi dari kata tersebut yang akan saya ulas dalam artikel kali ini tentang "Apa itu arti kata Rekber, Pulber, Barter, dan COD" yang akan membantu mengatasi ketidak tahuan sobat.

Oke gausah panjang lebar, mari kita langsung menuju ke topik utama Apa Itu Rekber dan Bagaimana Caranya? dibawah ini :

Apa Itu Arti Kata Rerber, Pulber, Barter, COD
Apa Itu Arti Kata Rerber, Pulber, Barter, COD

Pengertian Rekber

Rekening Bersama atau yang sering kita dengar sebagai Rekber adalah Perantara atau pihak ketiga dalam saat melakukan transaksi jual beli online antara pembeli dan penjual, Transaksi ini bisa berupa barang atau accoun. Rekber berperan penting untuk mengantisipasi penipuan yang dilakukan penjual kepada pembeli. Dari segi keuntungan saat kita menggunakan layanan ini keamanan uang yang akan kita alokasikan ke barang yg ingin kita beli lebih terjamin dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau penipu.

Untuk prosedur-prosedur pemakaian Rekber adalah sebagai berikut :

  1. Jika Buyer (Pembeli) dan Seller (Penjual) sudah deal mengenai harga, garansi, dan lain-lain dan sudah sepakat memakai Rekber
  2. Maka Buyer (Pembeli) akan mentransfer ke Rekening bersama, melalui konfirmasi via SMS . Rekening bersama akan mengkonfirmasi dana ke seller (Penjual)
  3. Seller (Penjual) bisa memproses transaksi dari Buyer tersebut (mengirim barang)
  4. Kemudian Buyer melihat barang yang diterima yang dikirim dari Seller tersebut dan kemudian puas dengan barang yng sudah sesuai dengan yang disepakati sebelumnya, kemudian si Buyer mengkonfirmasi "OK" ke Rekber ( Rekening bersama)
  5. Kemudian Dana diterima oleh Seller dan sudah bisa dicairkan oleh si Seller

Jika Buyer / Pembeli tidak puas atau Barang yang diterima tidak sesuai / barang tidak dikirim
  • Barang akan dikembalikan ke Seller, 
  • Setelah Seller mengkonfirmasi "OK"
  • Dana yang dititipkan melalui Rekber akan dikembalikan sepenuhnya.

Pengertian Pulber


Pengertian Pulsa bersama atau yang sering kita sebut (Pulber) hampir sama dengan Definisi Pulber Bedanya haya pada media yang digunakan yakni jika Rekber menggunakan Bank Untuk bertransaksi dengan Pulber ini memakai media berupa Pulsa untuk Bertransaksi.

Pengertian Barter 

Barter sendiri adalah kegiatan tukar-menukar sebuah barang tanpa mengeluarkan sepeserpun uang. Kegiatan barter ini tidak terbatas pada barang atau jasa yang ingin kita Barterkan (bertukar).

Untuk contoh Barter :

  • Saya memiliki sebuah komputer yang jarang terpakai dilain sisi Saya menginginkan Sebuah Smartphone tipe terbaru dan saya tidak mempunyai dana untuk membeli Gadged tersebut, Kemudian ada orang yang ingin mempunyai Komputer dan ingin menukarnya dengan Smarthphone yang dimilikinya, Kemudian saya menawarkan Komputer yang saya miliki dan sepakat menukar kepemilikan kepada kedua barang tersebut.
Nah itulah yang disebut dengan Barter, asal kedua nya sepakat untuk menukan kedua barang yang dimilikinya kegiatan itu bisa disebut dengan Barter.

Pengertian COD

COD adalah kependekan dari  Cash On Delivery untuk definisi dari kegiatan COD ini lebih singkatnya adalah Kesepakatan kedua pihak dari si Penjual dan calon pembeli untuk menentukan tempat / wilayah / lokasi, yang mereka pilih untuk melakukan sebuah Teransaksi jual beli.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai "Apa Itu Rekber dan Bagaimana Caranya?" yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuan kalian. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment